Pemain, Pelatih, Tim Terbaik La Liga Spanyol Jornada 8 Versi GOAL.com Indonesia

Written By Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012 | 17.29


Barcelona masih melaju mulus hingga jornada kedelapan La Liga Spanyol. Minus dua bek tengah, Carles Puyol dan Gerard Pique, Victor Valdes empat kali dipaksa memungut bola dari gawang sendiri saat berjumpa Deportivo La Coruna--salah satunya gol bunuh diri Jordi Alba. Tapi, poin tiga tetap masuk kantong skuat Tito Vilanova berkat hat-trick Lionel Messi yang menggenapkan skor 5-4.

Tiga tim di belakangnya, Atletico Madrid, Malaga dan Real Madrid tidak mau kalah. Mereka juga turut meraup kemenangan atas lawan masing-masing untuk terus membuntuti Blaugrana yang masih kokoh di pucuk klasemen La Liga dengan raihan 22 poin.

Sementara itu nasib buruk masih menghiasi Athletic Bilbao. Finalis Liga Europa dan Copa del Rey musim lalu itu kembali menelan hasil negatif di Mestalla. Tim besutan Marcelo Bielsa kalah 3-2 dari Valencia dan kini tertahan di urutan 17, hanya unggul dua angka dari zona merah!

Seperti biasanya, pasti ada tokoh utama yang membantu raihan positif tim di akhir pekan kemarin. Siapa saja mereka? Simak ulasan GOAL.com Indonesia mengenai pemain, tim dan pelatih terbaik La Liga Spanyol jornada delapan berikut ini.

Levante mendapat ancaman serius saat berhadapan dengan tuan rumah Getafe. Bertubi-tubi serangan digencarkan barisan depan Getafe, namun tidak ada yang membuahkan hasil. Itu berkat efektivitas Gustavo Munua dalam mengantisipasi serangan lawan sehingga gawangnya clean-sheet walau digempur enam tendangan ke arah gawang.
Walau berposisi di barisan pertahanan, Cicinho cukup aktif membantu serangan dari sisi kanan. Gol penentu kemenangan Sevilla bahkan dicetak dari hasil sepakan kaki kanan yang memanfaatkan kemelut usai sepak pojok. Tidak heran jika bek usia 26 tahun ini pantas menempati satu pos di tim terbaik pekan ini.

Untuk dua bek tengah, Diego Godin dan David Navarro pantas mendapat apresiasi. Keduanya tampil disiplin menjaga daerah pertahanan masing-masing, Atletico Madrid dan Levante. Walau digempur lawan, Godin dan Navarro berperan besar membawa kiper melakukan clean-sheet di jornada kedelapan.

Michael Essien menyegel satu pos tersakhir di lini belakang. Itu berkat ketenangannya menjaga area belakang yang membuat Celta frustrasi. Pemain yang dipinjam dari Chelsea bahkan sempat membahayakan gawang lawan dengan sebuah crossing yang nyaris membuahkan gol.


Cesc Fabregas kembali membuktikan diri sebagai pemain yang pantas mengisi tempat utama The Catalans. Empat gol yang digelontorkan Blaugrana di 45 menit pertama, tidak lepas dari assist mantan skipper Arsenal, salah satunya lewat aksi backheel yang disambut Messi.

Valencia hampir saja dipermalukan Athletic Bilbao di hadapan pendukung sendiri setelah tertinggal 2-1 hingga menit 87. Tapi, aksi ciamik Tino Costa mengubah segalanya hanya dalam kurun waktu dua menit. Costa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 88 dan beberapa saat jelang peluit akhir umpan matang pemain 27 tahun ini diselesaikan dengan baik pemain pengganti Nelson Valdez.

Anak muda milik Malaga, Isco, sekali lagi menjadi bintang klubnya. Konsistensi pemain kelahiran Spanyol 20 tahun silam dalam menjaga ritme permainan tim Manuel Pellegrini berbuah tiga angka. Sempat tertinggal gol Manucho kala laga baru berjalan sembilan menit, Isco memotivasi para pemain dengan gol penyeimbang di menit ke-37. Setelah itu, Isco dengan konstan menebar ancaman ke area pertahanan Valladolid.


Bilbao memang harus pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke Mestalla. Tapi, penampilan delantero gaek Aritz Aduriz tidak bisa diremehkan. Pemain usia 31 tahun ini tampil memukau dengan membukukan dua gol yang membawa klubnya unggul hingga dua menit jelang laga usai. Sayang, dewi fortuna tidak berpihak kepada tim tamu sehingga harus merelakan kemenangan yang sudah di depan mata setelah Los Che melakukan comeback sempurna.

Dua kekalahan beruntun yang ditelan Sevilla sebelum jeda internasional dibayar lunas dengan kemenangan versus Mallorca. Alvaro Negredo berperan besar dengan mengukir dua gol sebelum akhirnya disempurnakan bek Cicinho di menit ke-74.

Tiga gol dan satu assist sudah cukup menjelaskan fenomenalnya Lionel Messi di Estadio Municipal Riazor, dan itu belum termasuk satu tendangan yang membentur mistar gawang. Gol ketiga La Pulga bahkan dibukukan lewat aksi menawan, melewati beberapa pemain lawan, sebelum akhirnya melepaskan tendangan dari sisi kiri gawang yang tak mampu dijangkau Dani Aranzubia.

Jeda internasional dimanfaatkan dengan baik entrenador Sevilla, Michel, dengan memaksimalkan pertandingan persahabatan kontra klub lokal, Coria CF. Hasilnya bisa langsung dirasakan Sevillistas di pekan kedelapan ini dengan membungkam Mallorca 3-2, sekaligus membayar kegagalan tim yang menelan dua kekalahan beruntun sebelum libur kualifikasi Piala Dunia.

Pelatih kelahiran 23 Maret 1949 ini akan memanfaatkan momen kemenangan di ruma sendiri sebagai tonggak kebangkitan Sevilla yang tidak konsisten di awal musim.
 

PEMAIN TERBAIK
Lionel Messi (Barcelona)


Tidak berlebihan dengan apa yang dikatakan pelatih Argentina, Alejandro Sabella, yang menyebut penikmat sepakbola membutuhkan adjektiva baru untuk mendeskripsikan Lionel Messi. Bagaimana tidak, Messi kembali menjadi bintang dengan tiga gol dan satu assist saat The Catalans melibas Deportivo La Coruna 5-4.

Hat-trick ini menggenapkan torehan golnya menjadi 11 unggul dua dari rival terdekat Cristiano Ronaldo dan Radamel Falcao. Tidak hanya itu, penampilan Messi di lapangan juga kerap diwarnai aksi menawan yang mengundang kekaguman penikmatnya. Jika di laga El Clasico kapten Argentina ini melepaskan tendangan bebas spektakuler yang membuat Iker Casillas menggelengkan kepala, gol-gol Messi ke gawang Deportivo juga dibumbui atraksi.

Messi menunjukkan kesigapan dengan mencuri operan backhell Fabregas yang membuahkan gol pertama, aksi kedua ditunjukkan dengan melepaskan diri dari kawalan dua bek lawan saat lagi-lagi pemain bernomor punggung empat memberikan assist. Sementara gol ketiga Messi diciptakan lewat aksi individu melewati beberapa pemain sebelum akhirnya menceploskan si kulit bundar dari sisi kiri.

CADANGAN

Beberapa pemain yang layak mendapat apresiasi:

Thibaut Curtois (Atletico Madrid)
Cristian Tello (Barcelona)
Gonzalo Higuain (Real Madrid)
Pizzi (Deportivo La Coruna)
Leo (Rayo Vallecano)
Eliseu (Malaga)

Setujukah Anda dengan penilaian GOAL.com di atas? Anda dapat menyampaikan susunan pemain terbaik jornada 8 versi sendiri melalui formulir komentar di bawah ini. Kami dari GOAL.com Indonesia ingin mengetahui pendapat Anda.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemain, Pelatih, Tim Terbaik La Liga Spanyol Jornada 8 Versi GOAL.com Indonesia

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2012/10/pemain-pelatih-tim-terbaik-la-liga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemain, Pelatih, Tim Terbaik La Liga Spanyol Jornada 8 Versi GOAL.com Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemain, Pelatih, Tim Terbaik La Liga Spanyol Jornada 8 Versi GOAL.com Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger