EKSKLUSIF - Joko Driyono: Persib Bandung Sudah Bisa Mainkan Sergio Van Dijk

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 17.29

Joko mengungkapkan, pendaftaran pemain dan proses pengesahan merupakan hal yang berbeda.


OLEH    DONNY AFRONI

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono mengungkapkan, Persib Bandung sudah bisa langsung menurunkan Sergio van Dijk setelah pemain berdarah Belanda-Indonesia ini diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia (WNI), dan menandatangani kontrak.

Menurut Joko, Persib sudah mendaftarkan nama Sergio ke dalam daftar 30 pemain tim Maung Bandung ke PT Liga Indonesia sebelum penutupan dilakukan pada 18 Januari. Hanya saja, permasalahan administrasi menjadi ganjalan bagi Van Dijk untuk memperkuat Persib.

"Setiap klub boleh mendaftarkan pemain yang mereka inginkan masuk ke dalam skuat mereka sebelum pendaftaraan ditutup, asalkan sesuai dengan regulasi jumlah pemain lokal dan asing. Setiap klub hanya bisa mendaftarkan 30 pemain, didalamnya sudah dua pemain Asia dan tiga pemain non-Asia," ujar Joko dihubungi GOAL.com Indonesia.

"Antara pendaftaran dan pengesahan pemain ada perbedaan. Klub bisa mendaftarkan pemain, walau belum menandatangani kontrak, atau melengkapi administrasi. Tapi pemain ini tidak bisa disahkan jika administrasi mereka belum lengkap, sehingga mereka tak bisa dimainkan."

"Sebetulnya apa yang dialami Sergio ini juga banyak terjadi dengan pemain di klub-klub lain, seperti Erick Weeks [Sriwijaya FC], dan beberapa pemain Persija [Jakarta] yang belum diikat kontrak. Karena ini berkaitan dengan Sergio, jadinya banyak mendapat sorotan."

"Pendaftaran pemain ditutup pada 18 Januari, namun pengesahannya bisa dilakukan menjelang kompetisi selesai. Kami sudah menerapkan ini sejak kompetisi ISL [Indonesia Super League] digulirkan pertama kali."

Ditambahkan, sebelum penutupan pendaftaran, Persib sudah mengajukan opsi bagi Van Dijk. Saat itu, Persib meminta agar Van Dijk berstatus pemain asing, dan berubah menjadi pemain lokal ketika proses naturalisasi dan kontraknya sudah tuntas.

Namun PT Liga Indonesia menolak opsi tersebut, mengingat Persib sudah mendaftarkan lima pemain asing, yakni Naseer Al Sebai, Kenji Adachihara, Abanda Herman, Mbida-Messi, dan Herman Dzumafo Epandi.

"Sergio sudah didaftarkan Persib sebelum penutupan pendaftaran. Waktu itu Persib mengajukan opsi dengan menyebut Sergio sebagai pemain asing, dan kemudian berubah menjadi pemain lokal setelah proses naturalisasi. Kami menolak itu, karena Persib sudah memasukkan lima pemain asing," kata Joko.

"Sekarang Sergio sudah diambil sumpahnya sebagai WNI, dan sudah menandatangani kontrak. Dengan demikian, proses pengesahannya sudah memenuhi persyaratan, dan dia sudah sah menjadi pemain lokal Persib. Dia bisa langsung dimainkan di pertandingan terdekat Persib."

Dengan adanya keputusan itu, maka Van Dijk sudah bisa memperkuat Maung Bandung dalam laga tandangnya ke Kalimantan menghadapi Persisam Samarinda, Minggu (17/2), dan Mitra Kukar empat hari kemudian.


Anda sedang membaca artikel tentang

EKSKLUSIF - Joko Driyono: Persib Bandung Sudah Bisa Mainkan Sergio Van Dijk

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2013/02/eksklusif-joko-driyono-persib-bandung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

EKSKLUSIF - Joko Driyono: Persib Bandung Sudah Bisa Mainkan Sergio Van Dijk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

EKSKLUSIF - Joko Driyono: Persib Bandung Sudah Bisa Mainkan Sergio Van Dijk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger