FOKUS: Jumlah Pendukung Manchester United Mencapai 659 Juta?

Written By Unknown on Selasa, 19 Februari 2013 | 17.29

Manchester United diklaim memiliki jumlah penggemar mencapai 659 juta di dunia, atau 10 persen dari total penduduk bumi, benarkah demikian?


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti Adhe Makayasa di twitter


Pekan lalu saat Manchester United mengimbangi Real Madrid 1-1 di Santiago Bernabeu, pelatih Los Blancos Jose Mourinho melabeli laga tersebut sebagai 'partai yang ingin disaksikan dunia'. Faktanya, Manchester United juga menyebut bahwa setiap laga yang mereka mainkan selalu menyedot animo satu dari 10 orang yang ada di muka bumi. Benarkah klaim seperti itu?

Sebagai pemanasan, United belum lama ini mengumumkan jika mereka memiliki 659 juta penggemar di dunia -- total penduduk bumi sendiri diperkirakan 7 miliar. Dalam hal ini, angka spektakuler tersebut bukan karangan semata. Pasalnya, United menggandeng perusahaan riset pasar, Kantar, untuk melakukan survei. Tak main-main, survei itu dilakukan secara total karena memiliki cakupan yang luas, dengan melakukan penelitian ke seluruh benua.

Adapun, Kantar, yang ditunjuk United untuk melakukan survei, mengadakan penelitan di hampir 39 negara dengan sampling 54.000 orang, dari Juni hingga Agustus 2011. Metode penelitiannnya sendiri dilakukan dengan cara face to face. Namun, mengingat cakupannya yang luas, sebagian besar menjawab pertanyaan yang diajukan secara online.

Dalam survei, juga terdapat rincian untuk membuat perhitungannya jadi akurat, seperti mempertimbangkan hal-hal semacam popularitas United di negara-negara yang diteliti, serta apakah ada pemain kelahiran sana yang sedang atau pernah bermain untuk Manchester United di masa silam.

Dari total 659 juta penggemar United, Kantar mengatakan jika sebagian (325 juta) hidup di wilayah Asia Pasifik, 173 juta di Timur Tengah dan Afrika, 90 juta di Eropa dan 71 di kawasan Amerika.

 

"Saya akan memperdebatkan [bahwa jumlah tersebut akurat] dengan margin kesalahan hanya satu persen," ujar direktur Kantar Richard Brinkman.

"Kami bekerja untuk sejumlah perusahaan terbesar di seluruh dunia. Hal ini menjadi ketertarikan kita untuk menggunakan pengetahuan kami guna menghasilkan gambaran yang akurat, bukan angka terbesar. Kita perlu memiliki kredibilitas."

Populasi
Followers United (Di Negara Terpilih)

Cina - 108 juta (8% dari populasi)
Indonesia - 55 juta (22.5% dari populasi)
India - 35 juta (2.8% dari populasi)
Nigeria - 33 juta (19.4% dari populasi)
Vietnam - 26 juta (29.2% dari populasi)
Meksiko - 25 juta (22.3% dari populasi)
Korsel - 15 juta (30.6% dari populasi)

Lebih jauh, untuk jumlah populasi Red Devils di wilayah Asia Pasifik, Cina menempati urutan satu dengan total suporter mencapai 108 juta orang, diikuti Indonesia dengan 55 juta, 35 juta di India dan 26 juta di Vietnam.

Akan tetapi, jika ditilik dari segi rata-rata penduduk yang menggemari United, Indonesia menempati urutan ketiga (22,5 persen), berdiri tepat di bawah Korea Selatan yang memiliki rataan 30,6 persen dan Vietnam dengan 29,2 persen.

Meski demikian, penggemar Setan Merah tak usah dipertanyakan lagi keberadaannya di Indonesia. Pasalnya, saat acara nonbar ESPN Grandstand dan #IAMUNITED antara United kontra Arsenal beberapa waktu lalu di Rasuna Epicentrum, Jakarta, jumlah penonton yang hadir menyentuh angka 70 ribu! Hampir memenuhi kapasitas stadion Old Trafford!

Belum lagi, tim asuhan Sir Alex Ferguson ini juga tercatat sebagai klub terlaris di laman GOAL.com Indonesia, berdasarkan penghitungan Google Analytics sepanjang Januari 2013.

*Januari: 10 Besar Klub Paling Laris Di Goal.com Indonesia:









Di sisi lain, menurut editor SportingIntelligence.com Nick Harris, ia bisa menjelaskan mengapa United mendapat support yang begitu luas, bahkan mengalahkan tim-tim olahraga terkenal dari Amerika Serikat, yang dikenal berkat dukungan dan kekayaan yang mereka miliki.

"Sepakbola bukan olahraga yang populer di Amerika. Olahraga di Amerika bisa cukup picik. Penggemar olahraga [di Amerika] berpikir bahwa NBA, NFL, dan NLB adalah olahraga yang global, namun tentu saja tidak demikian.

"Mereka adalah olahraga utama Amerika dengan penonton orang Amerika. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa sepakbola adalah satu-satunya olahraga global. Dan Manchester United-lah yang menunjukkan seberapa globalnya sepakbola itu."

Terlepas angka 659 juta seperti yang dibenarkan Kantar, Indonesia turut memberi andil tersendiri di dunia maya. Tercatat, dari 31 juta likes di akun Facebook resmi Manchester United, lebih dari 4 juta-nya berasal dari Indonesia.

Dan sebagai balasan atas kesetiaan followers United di Indonesia, edisi Bahasa Indonesia manutd.com sedang diprioritaskan.


Anda sedang membaca artikel tentang

FOKUS: Jumlah Pendukung Manchester United Mencapai 659 Juta?

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2013/02/fokus-jumlah-pendukung-manchester.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

FOKUS: Jumlah Pendukung Manchester United Mencapai 659 Juta?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

FOKUS: Jumlah Pendukung Manchester United Mencapai 659 Juta?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger