CATATAN: Thailand Tak Menakutkan Bagi Indonesia Di Asian Games

Written By Unknown on Minggu, 21 September 2014 | 17.29

Prestasi Indonesia sedikit lebih baik dari Thailand dan tim Merah Putih unggul dalam pertemuan di Asian Games.


GOALOLEH    MUHAMAD RAIS ADNAN     Ikuti di twitter

Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Thailand U-23 pada laga pemungkas grup E Asian Games 2014 di Stadion Incheon, Senin (22/9). Kedua tim memang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Meski begitu, laga nanti dipastikan tetap akan berlangsung ketat.

Pasalnya, selain adu gengsi sebagai dua kekuatan sepakbola di Asia Tenggara, kedua tim juga ingin keluar sebagai juara grup. Mengingat, lawan yang akan dihadapi di fase 16 besar bisa dibilang lebih berat dari yang mereka hadapi di grup E.

Jika Indonesia atau Thailand menjadi juara grup E, dipastikan mereka akan bertemu runner-up grup F, yang masih diperebutkan antara Tiongkok U-23 dan Pakistan U-23. Hitung-hitungan di atas kertas Tiongkok U-23 yang bakal menjadi runner-up grup F.

Sementara untuk runner-up grup E, bakal bentrok dengan juara grup F yang sudah digenggam Korea Utara U-23. Meski kekuatan di grup F cukup merata, tapi akan lebih baik bagi Indonesia atau Thailand untuk bertemu lebih dulu dengan Tiongkok U-23 atau Pakistan U-23.

Lantas, siapakah yang bakal lebih unggul antara Indonesia U-23 dan Thailand U-23 di laga terakhir nanti? Memang, Thailand selama ini selalu menjadi momok menakutkan bagi Indonesia di sepakbola Asia Tenggara, terutama SEA Games dan Piala AFF.

Apalagi, jika melihat hasil pertemuan terakhir kedua tim di SEA Games 2013. Saat itu, tim Garuda Muda yang harus bertemu Thailand U-23 dua kali selalu takluk. Pertama, mereka kalah di fase grup B dengan skor telak 4-1. Kemudian, di laga final skuat yang ketika itu masih dilatih Rahmad Darmawan, juga harus mengakui keunggulan Thailand U-23 dengan skor tipis 1-0.

 

Duel: Alfin Tuasalamony saat berduel dengan pemain Thailand U-23 di SEA Games 2013.

Tapi, untuk level Asian Games boleh dibilang Thailand tak menakutkan bagi tim Merah Putih. Bahkan, prestasi Indonesia sedikit lebih baik dari tim Gajah Perang. Ya, sejak ajang itu digulirkan pada 1951 di New Delhi, India, Indonesia sudah mengemas satu medali perunggu (1958) dan dua kali menduduki posisi keempat (1954 dan 1986). Sedangkan Thailand, hanya bisa mendapatkan prestasi terbaik meraih posisi keempat pada Asian Games 1990, 1998, dan 2002.

Berdasarkan catatan yang ada, Indonesia hanya pernah bentrok sekali dengan Thailand di Asian Games 1970 Bangkok. Kala itu, kedua tim bertemu untuk memperebutkan posisi kelima. Dan, yang menjadi pemenangnya adalah Indonesia lewat gol tunggal yang dilesakkan Abdul Kadir pada menit ke-32.

Meski demikian, Indonesia tetap harus waspada dengan skuat arahan Kiatisuk Senamuang. Biar bagaimanapun, Thailand U-23 tetaplah lawan kuat bagi tim Garuda Muda. Terlebih, Kiatisuk sudah sangat mengenal karakter permainan Indonesia. Belum lagi, Aji Santoso sudah memastikan bakal melakukan rotasi terhadap mayoritas pemainnya. Patut ditunggu, apakah Indonesia akan tetap mempertahankan reputasinya atas Thailand di Asian Games?


>

Anda sedang membaca artikel tentang

CATATAN: Thailand Tak Menakutkan Bagi Indonesia Di Asian Games

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2014/09/catatan-thailand-tak-menakutkan-bagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

CATATAN: Thailand Tak Menakutkan Bagi Indonesia Di Asian Games

namun jangan lupa untuk meletakkan link

CATATAN: Thailand Tak Menakutkan Bagi Indonesia Di Asian Games

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger