STATISTIK: Dengan Atau Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tetap Subur

Written By Unknown on Sabtu, 11 Januari 2014 | 17.29

Messi absen lebih dari separuh total pertandingan Barca, tapi tidak ada perbedaan signifikan dalam konversi gol.


GOALOLEH BEN HAYWARD    PENYUSUN DEWI AGRENIAWATI


Gerardo Martino selalu menjawab pertanyaan dengan kalimat yang sama. Ketika ditanya apakah Barcelona merindukan Lionel Messi, dia menjawab: "Tentu saja - tim mana pun akan merindukan pemain terbaik dunia."

Apa yang dikatakan Martino tidak salah, itu merupakan argumen yang valid. Tapi, jika mengintip statistik, Blaugrana ternyata mampu mencetak gol dengan rate yang hampir sama musim ini - dengan atau tanpa sang pemain terbaik.

Messi kembali ke tim utama untuk kali pertama setelah dua bulan absen, pada leg pertama 16 besar Copa del Rey kontra Getafe tengah pekan kemarin. Meski tampil sebagai cameo setelah menggantikan Andres Iniesta di sisa 30 menit pertandingan, La Pulga menandai comeback-nya dengan sepasang gol dalam kemenangan 4-0.

BARCA DENGAN & TANPA MESSI

 BARCELONA DENGAN MESSI
TOTAL MENIT MESSI MESSI
TOTAL GOL
GOL PER MENIT
TOTAL LAGA
MENANG
KALAH
1196
37
32.32
17
13
0
BARCELONA TANPA MESSI
TOTAL MENIT TANPA MESSI
TOTAL GOL
GOL PER MENIT
TOTAL LAGA
MENANG
KALAH
1414
44
32.14
12
10
2

Torehan itu menambah golnya menjadi 16 dari 17 pertandingan (Barca sudah memainkan 29 laga musim ini), meski pemain 26 tahun hanya tampil kurang dari setengah total menit penampilan tim pada 2013/14.

Leo berada di lapangan selama 1.196 menit, di mana Barca mencetak total 37 gol, 16 di antaranya hasil torehan La Pulga. Dan secara keseluruhan seluruh 37 gol yang dicetak rata-rata datang di setiap 32,32 menit.

Bagaimana statistik gol tanpa Messi? Skuat Martino menjalani total 1.414 menit tanpa sang bintang di lapangan dan berhasil mencetak 44 gol, atau rata-rata satu di setiap 32,14 menit - hampir identik dengan rata-rata ketika kapten Argentina ikut terlibat di pertandingan. Bahkan, sedikit lebih baik.

Tanpa Messi, Blaugrana sukses mengepak skor mutlak, agregat 7-1, di dua leg Copa del Rey versus Cartagena dan 6-1 saat menghancurkan Celtic di ajang Liga Champions. Sebaliknya, La Pulga tidak mencatatkan nama di papan skor meski tampil di laga krusial kontra Atletico dalam Supercopa de Espana dan el clasico versus Real Madrid. 

Walau demikian, harus diakui absensi Messi berpengaruh terhadap hasil Blaugrana di partai lainnya. Dua kekalahan yang dirasakan Barca sejauh ini dialami pada November, ketika La Pulga menepi karena cedera. Dia absen saat kalah 2-1 dari Ajax Amsterdam dan 1-0 dari Athletic Bilbao beberapa hari kemudian.

Laga terdekat yang akan dilakoni The Catalans adalah duel dengan Los Rojiblancos untuk mencari penguasa tunggal La Liga dan meski pengoleksi empat Ballon d'Or tidak menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam duel terakhir di Calderon dan statistik menunjukkan Barca tidak jauh lebih baik tanpanya, kebugaran Messi sangat signifikan untuk menambah dorongan tim jelang ujian yang mungkin paling sulit untuk musim ini.

Dengan atau tanpa Messi, Barca memang mencetak gol setiap 32 menit, tapi jika diberi pilihan, mereka selalu ingin memiliki dia di tim. Seperti yang dikatakan Martino di atas, tim mana pun akan merindukan pemain terbaik dunia dan pada laga nanti malam, mereka butuh kehadiran pemain terbaik dunia - terlepas dari apa pun yang dikatakan statistik, meski sejauh ini belum ada kepastian sang bintang akan tampil sejak menit awal.



Anda sedang membaca artikel tentang

STATISTIK: Dengan Atau Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tetap Subur

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2014/01/statistik-dengan-atau-tanpa-lionel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

STATISTIK: Dengan Atau Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tetap Subur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

STATISTIK: Dengan Atau Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tetap Subur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger