PREVIEW Speelronde 16 Eredivisie Belanda: Ajax Amsterdam Diminta Tampil Atraktif

Written By Unknown on Sabtu, 13 Desember 2014 | 17.29

Ajax Amsterdam bakal menghadapi lawan yang selalu menyulitkan mereka, FC Utrecht, akhir pekan ini.


GOALOLEH   AGUNG HARSYA     Ikuti @agungharsya di twitter

Pelatih Ajax Amsterdam Frank de Boer meminta agar timnya memeragakan penampilan yang "dominan dan atraktif" dalam lanjutan Eredivisie Belanda Speelronde 16 akhir pekan ini.

Ajax akan menjamu FC Utrecht di Stadion Amsterdam ArenA, Minggu (14/12) sore. Pertemuan kedua tim selalu diwarnai laga yang ketat dalam lima tahun terakhir. Ketika De Boer mulai bertugas akhir 2010, Ajax tiga kali berturut-turut menderita kekalahan dari Utrecht. Skor kekalahan Ajax lumayan mencolok, yaitu 3-0, 6-4, dan 2-0.

Kemenangan pertama De Boer atas Utrecht baru diraih awal musim 2012/13 dengan skor 3-0 di kandang lawan. Namun, dalam empat pertemuan berikutnya, Ajax hanya mampu meraih satu kemenangan lagi dan sisanya imbang. Pertemuan terakhir terjadi Februari lalu dengan kedudukan sama kuat, 1-1.

Penjelasan pelatih Robbie Alflen barangkali bisa menggambarkan alasan kenapa Utrecht selalu mampu menyulitkan Ajax.

"Duel melawan Ajax selalu istimewa terutama di kalangan fans karena mereka menganggapnya sebagai duel yang paling ditunggu-tunggu dalam musim kompetisi," ujar pelatih 46 tahun itu dilansir De Telegraaf.

"Itu membuat para pemain fokus. Kemudian untuk menghadapi Ajax Anda juga butuh kemujuran. Kami harus tampil sangat baik dalam hal kolektivitas karena pengambilan posisi para pemain Ajax. Kami mungkin bakal sering berada di wilayah pertahanan sendiri, jadi kami harus mampu keluar dari kesulitan."

Ajax baru saja menuai kemenangan besar 4-0 atas APOEL Nicosia dalam laga terakhir Liga Champions yang "meloloskan" mereka ke Liga Europa. Pemain yang penampilannya dipuji dalam pertandingan itu adalah Ricardo Kishna. Penyerang sayap 19 tahun yang kerap beraksi solo dalam membongkar pertahanan APOEL.

Algemeen Dagblad mencatat momen terbaik Kishna dalam empat pertandingan yang terjadi sepanjang tiga pekan terakhir, yaitu saat menghadapi APOEL, ADO Den Haag, SC Heerenveen, dan Paris Saint-Germain. Kishna mengoleksi tiga assist dan satu gol dalam keempat pertandingan itu. Orang-orang pun bisa sedikit melupakan performa Anwar El Ghazi yang sedang menukik.

Di lain tempat, FC Twente bersiap tandang ke markas pimpinan klasemen sementara, PSV Eindhoven. Pelatih Alfred Schreuder menyatakan bakal mengistirahatkan Nick Marsman di bangku cadangan akibat kerap melakkan kesalahan dalam beberapa pertandingan terakhir.

Schreuder ogah berjudi. PSV belum pernah kalah di laga kandang musim ini serta hanya kebobolan sekali saat tampil di hadapan pendukung sendiri. Penjaga gawang 22 tahun, Sonny Stevens, berkesempatan mengukir debut Eredivisie di laga yang bakal berlangsung sengit ini.

Tuan rumah PSV sendiri menghadapi pekan yang sibuk di Eredivisie. Setelah Twente, dua pertandingan lanjutan menanti, yaitu melawan Feyenoord Rotterdam pada 17 Desember dan Go Ahead Eagles tiga hari berselang.

Laga seru selanjutnya yang layak disaksikan adalah pertemuan Feyenoord, yang sedang dalam performa bagus dan konsisten, melawan AZ Alkmaar. Feyenoord meraih tujuh kemenangan dalam delapan laga terakhir dan hanya kebobolan tiga gol. Pasukan Fred Rutten itu tampil baik secara kolektif sehingga agak sulit menyebutkan siapa pemain yang tampil menonjol secara individual.

Hanya, sorotan boleh ditujukan pada Jens Toornstra yang sudah mengemas tujuh gol untuk Feyenoord di semua ajang. Empat di antaranya dicetak dalam empat laga terakhir secara berturut-turut. Ramuan Rutten menempatkan Toornstra sebagai penyerang sayap kanan tampaknya tokcer.

Di kubu lawan, AZ menampilkan banyak pemain muda. Mulai dari gelandang Dabney dos Santos (18 tahun), bek Derrick Luckassen (19), bek tengah Wesley Hoedt (20), dan gelandang Thom Haye (19). Hoedt sudah tampil sepuluh kali di Eredivisie musim ini, sedangkan Haye tiga laga lebih banyak. Sementara, Dos Santos dan Luckassen mencatat lima dan enam penampilan. Pertandingan melawan Feyenoord menjadi ajang unjuk gigi bagi para pasukan muda AZ tersebut.

Feyenoord dan AZ berada di peringkat ketiga dan keempat klasemen dengan perolehan poin yang sama, 27 poin. Dapat diduga kemenangan sangat dicari kedua tim untuk mengintip kesempatan bersaing di zona Liga Champions bersama PSV dan Ajax.

Performa impresif Feyenoord Rotterdam kembali tersaji di ajang Liga Europa.

 

*Waktu kick-off berdasarkan WIB


Sampaikan pendapat maupun prediksi Anda tentang Speelronde 16 Eredivisie 2014/15 melalui kolom komentar di bawah ini!
 

Anda sedang membaca artikel tentang

PREVIEW Speelronde 16 Eredivisie Belanda: Ajax Amsterdam Diminta Tampil Atraktif

Dengan url

http://bolanasionalitas.blogspot.com/2014/12/preview-speelronde-16-eredivisie.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PREVIEW Speelronde 16 Eredivisie Belanda: Ajax Amsterdam Diminta Tampil Atraktif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PREVIEW Speelronde 16 Eredivisie Belanda: Ajax Amsterdam Diminta Tampil Atraktif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger